← Teknologi & Anak

Anak punya HP pribadi

Sally· 20/8/2026
Parents, share dong anak-anak sudah punya handphone pribadi dengan nomer telpon aktif sejak kapan? Apakah dibawa ke sekolah?

Balasan · 7

Dinda
20/8/2026
Hi, menurutku usia 13-14 pas untuk anak memiliki hp pribadi. Secara aku dengar banyak kasus di usia anak SD ketika mereka sudah ada group WA dapat membuat tidak fokus dan bercandaan dapat mengarah ke bullying dimana emosi anak usia SD belum dapat memanage dengan baik jadinya di dunia nyata jadi bermusuhan dan membuat anak stress.
harinnita detta
20/8/2026
mulai teenagers dan diawali dengan parenting control dulu
Dita Hersiyanti
20/8/2026
Menurut saya ketika anak sudah mulai bisa membedakan mana yang baik dan buruk agar ga mudah terombang-ambing arus negatif internet, terutama sosmed (mungkin SMP akhir-SMA awal)
Kartika Widya Rani
24/8/2026
Anakku umur 9.5 tahun, kelas 4, belum ada HP, tapi dia punya tablet yg cuma koneksi wifi, itu buat main game & nonton YT, interaksi chat di Sosmed gitu gak pernah. Mungkin akan kasih HP saat kelulusan SD kali yaaa?
Rere
24/8/2026
Hi Mba, anakku TK-SMP ga bawa handphone. SMA (usia 15) baru bawa handphone ke sekolah. HP pribadi ada sejak SMP, HP turunan dari ortunya.
Rara
24/8/2026
anak ku begitu masuk SMP punya hape pribadi untuk memudakan komunikasi, karena anak nya pulang dan pergi sekolah naik transum/ojol. Biasanya pas smp juga mereka mulai banyak projek sekolah yg dikerjakan kelompok, jadi punya hape sendiri memudahkan koordinasi dengan teman saat mengerjakan tugas. saat sekolah dibawa tapi peraturan sekolah hape tidak boleh digunakan selama jam sekolah.
Chyntia Andarinie
24/8/2026
Aku belum kasih anakku HP pribadi karena masih diantar jemput terus setiap hari. Mungkin nanti saat usianya sudah lebih besar (13+) dan tentunya dengan pengawasan orang tua juga