← Pembelajaran & Kurikulum

Seberapa penting menurut Bapak/Ibu interaksi dan hubungan dengan sesama orang tua di sekolah anak?

Nindya Wardhani· 20/8/2026
Apakah menurut Bapak/Ibu orang tua perlu cukup aktif membangun hubungan dengan orang tua lainnya, atau cukup berkomunikasi seperlunya?

Balasan · 12

Peni Prabawati
20/8/2026
Bagi saya yang hampir nggak pernah Dateng ke acara sekolah, secukupnya berinteraksi, paling nggak satu dua ada kenal dengan ortu anak lain terutama yang cukup sering bermain dengan anak saya. Kadang kikuk juga pas Dateng nggak kenal-kenal banget atau diceletukin, "wah akhirnya bisa ikut ya mba, hehe"
Sally
20/8/2026
Secukupnya dan sewajarnya orang tua siswa saja
Dita Hersiyanti
20/8/2026
Menurut saya cukup seperlunya saja, misalnya di pertemuan orang tua dan guru, tau ibu X mamanya Y, namun tidak terlalu ikut campur dalam urusan yang tidak berhubungan dengan kegiatan sekolah
Adlia Apriani
20/8/2026
Menurutku menjaga hubungan baik dg orang tua lain penting tp sewajarnya. Kalaupun tidak mau/suka kumpul2 setidaknya ikut berpartisipasi & kooperatif kalau diminta pendapat/voting/bantuan sebisanya utk kepentingan anak2.
egazzhr
20/8/2026
Menurut aku sebagai wali murid, penting untuk kenal wali murid lainnya tapi tetap dengan batasan-batasan. Karna mungkin suatu hari anak kita terkena masalah, rata-rata yang kurang mengenal satu sama lain, sudah pasang pertahanan duluan tanpa mau mendengarkan cerita sisi lainnya. Kalau sudah saling mengenal, kemungkinan, untuk lebih saling pengertian lebih tinggi
Disa Maharani
21/8/2026
Sebagai wali murid, aku tetap bersosialisasi tapi memang menetapkan batasan tertentu. Interaksi itu aku lakukan demi kepentingan bersama (anak dan parents). Kalau misalkan yang setiap hari diajak nongkrong atau main gitu soalnya yaaa berat juga sih hehehe
Rizka ayu prasetya
21/8/2026
Secukupnya aja ka, kecuali orang tua wali murid itu temen kaka dari jaman single lain ceritaa hehe
Dinda Dewi Rengganis
21/8/2026
Secukupnya sih aku kak. Untuk anakku yg SMP malah ga ada yang kenal, grup parents cenderung sepi, apalagi antar jemput bener2 drop off ga ada yang nungguin di sekolah lagi 😅 kalo untuk yg SD ya sewajarnya aja sih tetap bersosialisasi kadang kalo lagi di sekolah suka diajak ngopi yaudah hayuk aja aku..
Lia Atmadjaja
21/8/2026
ga usah terlalu akrab lah. kadang jd ajang pamer dan overparenting ahahaha
TwoLittleKoalas
21/8/2026
Penting namun sewajarnya.
Rorien Novriana
21/8/2026
Mungkin seperlunya saja dan kalau bisa hanya terkait kegiatan anak. Namun, adab tetap perlu diperhatikan dengan tidak memaksakan kehendak dan diskusi sifatnya tetap musyawarah mufakat dengan mempertimbangkan berbagai aspek.
Dinda
21/8/2026
Sewajarnya saja tidak wajib memiliki bestie atau liburan bersama jika sekedar sharing info tugas sekolah menurut aku oke. Sebaliknya terlalu cuek juga tidak baik, karena kita bisa ketinggalan info terkait sekolah.