← Pembelajaran & Kurikulum

Culture shock masuk sekolah

nuraaa· 24/8/2026
Adakah mommies yang anaknya dari sekolah negeri lalu pindah ke swasta, atau sebaliknya, akhirnya mengalami culture shock (or education shock?) misal, sering jam kosong karena guru rapat, atau malah ke sekolah yang dapat PRnya banyaaaak.

Balasan · 1

Rara
25/8/2026
anak ku dua-dua nya SD sekolah di SDIT dan smp di sekolah SPK english based dengan kurikulum cambridge dan IB. Awal nya memang culture shock siy karena kalau di SDIT jam solat semua wajib jamaah, sedangkan di sekolah biasa kan semua masing-masing hehehe Untuk bahasa adaptasi nya hanya sekitar 2-3 bulan karena memang sejak kelas 4 sudah di persiapakn les english nya. Dari segi pelajaran mereka enjoy karena sistem belajar nyanmenurut mereka lebih fun walaupun materi nya lebih banyak. Sosial dan empati juga jadi lebih besar karena bisa berteman dengan berbagai macam teman di lingkungan yang heterogen. Overall mereka seneng bisa merasakan kurikulum, lingkungan dan culture yang berbeda.