← Pembelajaran & Kurikulum

Siblings goes to different schools?

yunicaip· 22/8/2026
Hi parents! Adakah disini yang menyekolahkan anak-anaknya (adik-kakak) di sekolah yang berbeda? Apa konsiderasinya? Karena umumnya adik kakak akan ke sekolah yang sama, cuma saat ini sedang mempertimbangkan untuk dimasukkan ke sekolah yang berbeda

Balasan · 5

Rorien Novriana
22/8/2026
Saya dan adik saya ada di sekolah yang sama ketika SD, namun berbeda di SMP-Kuliah. Ketika masa SD, kami tidak mengalami sibling rivalry karena terpaut jarak 3 tahun. Hanya saja, saya sebagai kakak, jadi ada "tambahan" tugas untuk perhatikan adik saya dan jadi seperti wakil ortu saya di sekolah. Menurut saya, kalau untuk kemudahan secara akses dan informasi, anak bisa saja dimasukkan ke sekolah yang sama, dengan catatan ya tidak ada comparing di antara satu atau keduanya. Kalau di sekolah yang beda pun, mungkin bisa jadi pengalaman baru sebagai ortu, dari sisi akademis maupun sosialnya.
Yolanda Safira
24/8/2026
Menurut aku nggak masalah kakak-adik sekolah di tempat yang berbeda, justru bisa disesuaikan sama kebutuhan dan karakter masing-masing anak.Sebenernya yang perlu dipertimbangkan mungkin kurikulum, lingkungan sekolah, karakter anak, jarak dari rumah, sampai biaya. Kalau memang keduanya punya kebutuhan atau gaya belajar yang berbeda, menurutku nggak harus dipaksakan sekolah di tempat yang sama. Yang penting masing-masing anak bisa dapat lingkungan yang paling cocok buat mereka.
Chyntia Andarinie
24/8/2026
Fine-fine aja sih, cuma memang harus ekstra effort. Kembali lagi ke prioritas dan kondisi masing-masing keluarga. Karena akan ada extra cost, time management dan pastinya adaptasi dengan lingkungan yang berbeda.
nuraaa
24/8/2026
Kalau beda level sih ga masalah ,misal tk-sd , yg jam antar jemputnya memang beda. Kalau sama sama SD, ga sanggup ngebayangin antar jemputnya, jadwal ambil rapor, dsb 😢
Rara
25/8/2026
anak say dua2 nya perempuan beda 3 tahun, waktu sd satu sekolah. Enak nya berasa lebih tenang aja karena si kakak kaya bisa jagain ade nya, ade nya waktu masuk sekolah juga kaya lebih gampang adaptasi nya karena sering ikut main ke sekolah kakak nya. Minus nya si ade suka ngeluh karena sering banget guru ada yg ngomong "ooo kamu ade nya si ini ya" dia jadi kaya ga punya identitas sendiri, apalagi kalau kakak nya terkenal berprestasi jadi kaya ada social pressure. Lebih ke ga bisa being herself aja. Setelah smp dan sma si ade ga mau lagi di sekolah yg sama ama kakak nya, mungkin karena minat nya beda juga kali ya. Ade mau nya sekolah yg tim basket nya oke, kakak lebih ke yg akademis nya oke. Yang penting sama-sama nyaman dan enjoy menikmati pilihan masing-masing 😊