← SD/Elementary School

Yay or Nay: Membantu anak mengerjakan PR (homework)?

TwoLittleKoalas· 21/8/2026
Anak saya selalu menolak untuk dibantu mengerjakan PR, tapi saya lihat orang tua lain membantu sehingga PR anak mendapatkan nilai 100. Bagaimana menurut parents lainnya?

Balasan · 9

yunicaip
22/8/2026
Kalau di pengalamanku, aku akan ikut anaknya. Kalau mau mengerjakan sendiri bolehh, kalau ada yang bingung dan dia mau tanya akan aku bantu kasih petunjuk tambahan. Setelah dia selesai kerjakan aku akan review mana yang salah dan kasih koreksi. Jadi dari gurunya pun akan tetap tahu anakku masih perlu dilatih bagian yang mana. Menurutku itu yang lebih penting dibanding nilai 100 :)
Rorien Novriana
22/8/2026
Aku akan perhatikan dulu kemampuan anaknya mengerjakan PR, kalau dirasa tidak kesusahan, akan saya biarkan, berapapun nanti hasil akhir nilainya. Kalau dia terlihat kesulitan, saya akan bantu menjelaskan supaya dia lebih paham, tapi tetap mengerjakan sendiri. Hanya saja, perlakuan mungkin berbeda ketika PR-nya sifatnya prakarya, mungkin akan saya bantu, jadi sifatnya team work, cuma idenya tetap ada di anak.
Disa Maharani
22/8/2026
In my opinion, kita bisa membiarkan anak untuk mengerjakan PR sendiri terlebih dahulu karena sangat membantu confidence dan self esteem mereka. Nanti kita bisa sampaikan ke anak, kalo memang butuh dibantu bisa bilang ke orang tua.
Yolanda Safira
24/8/2026
Menurut aku boleh dibantu aja moms. Kalau anak benar-benar kesulitan, orang tua bisa kasih arahan atau jelasin bagian yang belum dipahami, tapi tetap biarkan anak yang menyelesaikan.
Rere
24/8/2026
Aku lebih tanya-tanya aja, kesulitannya apa? Ada yang bisa dibantu atau ngga? Kalau anaknya percaya diri mengerjakan sendiri, aku biarkan. Kalo butuh bantuan, ya aku bantu.
Rara
24/8/2026
Aku No ya kalau membantu dalam artian bantu langsung ngasih tau atau ngerjain. Biasanya aku lebih ke support n nemenin aja saat kerjain PR, kalau memang ada yg mereka ga bisa biasanya aku akan bilang yuk coba kamu cari tau dari buku atau kalau masih ga ketemu coba ditanya langsung ke guru kamu. Sekarang anak-anak udah smp &sma aku lebih ke nemenin sambil siapin masakan atau cemilan buat saat mereka ngerjain PR nya.
Melisa
25/8/2026
Sepertinya tergantung usia anak. Kalau aku, sudah tidak mencampuri PR anak sejak SD kelas 3 kecuali anak yang bertanya karena kesulitan.
Fithri Widanarty
25/8/2026
kalau dibantu utk anak dapat nilai 100, menurutku itu mengajarkan anak untuk curang. mengambil credit utk hal yg tidak murni dia lakukan. membantu menjelaskan, memberikan support yg diperlukan, tapi biarkan anak berproses mengerjakan PR nya, dan bangga dengan hasil kerjanya sendiri.
Dinda
28/8/2026

Anakku memang selalu bilang kalau dibantu orang tua berarti cheating, tapi untukku selalu mereview ketika anak mengerjakan HW kalau ada yang salah biasanya Saya suruh koreksi. Kebetulan di sekolah memang jarang dikasih HW dan aku belum tau apakah nilainya masuk? Atau sekedar latihan saja? Yang pasti untuk kegiatan mandiri di sekolah selalu mengingatkan untuk tidak berbuat curang.