← SD/Elementary School
Seberapa Pentingkah Homework untuk Anak Level Primary Awal?
Disa Maharani· 21/8/2026
Apakah menurut parents homework setiap hari untuk anak SD kelas 1 itu too much atau bagus sebagai sarana belajar mandiri?
Balasan · 7
nuraaa
21/8/2026
Well, beda orang beda persepsi ya.. tiap hari it’s okay, tapi lihat juga bebannya seperti apa. Bagus juga untuk bentuk habit belajar rutin anak anak di rumah asal pas jumlah PR nya, bukan seabrek dan aku juga lihat itu sarana bonding ortu dengan anak (asal ga marah marah pas ngajarin 😄) make it fun gitu prosesnya, jadi anak anak senang
Dinda Dewi Rengganis
21/8/2026
Tergantung sih mam.. kebetulan sekolah anak2 sampe jam 15 (dari kelas 1) jadi ga dikasih PR kecuali tugasnya belum selesai di sekolah itupun biasanya ga banyak. Nah nanti ba’da maghrib biasanya tetep belajar ngerjain soal yang lain, ku dampingi pastinya..
Lia Atmadjaja
21/8/2026
kalo untuk level primary, kayanya belom terlalu penting yah
TwoLittleKoalas
21/8/2026
Bagi saya tetap penting karena akan melatih anak atas pelajarannya.
Dita Hersiyanti
21/8/2026
Kalau di sekolah anak saya tidak diberi PR dari sekolah, namun tetap saya bimbing di rumah untuk calisting dan mengajinya, juga merujuk ke materi yang sudah diberikan oleh guru.
Dinda
21/8/2026
Tergantung jenis homeworknya, kalau di sekolah anakku ada tugas yang hampir tiap hari dikerjakan jenisnya open ended question, biasanya kurang lebih pertanyaan terkait pelajaran sekolah hari tersebut. Jadi anak dapat merefleksi apa yang ia pahami.
Rorien Novriana
22/8/2026
Menurut saya, PR yang sesuai kapasitas anak-anak seumuran. Kalau anak SD sudah dikasih PR terlampau banyak, bagaimana dengan hak bermainnya? PR boleh saja dikasih, tetapi yang reflektif dari pelajaran yang sudah ada atau ya gak perlu segunung sih..

