← Kesejahteraan & Kesehatan Mental

Konflik antar anak di sekolah

Kartika Widya Rani· 20/8/2026
Kalau ada konflik antara anak dengan temannya, menurut parents, siapa yang sebaiknya dihubungi/konfirmasi terlebih dahulu? Apakah guru/wali kelas, orang tua murid ybs atau mencari informasi/perspektif lain ke ortu murid lain?

Balasan · 5

Nindya Wardhani
21/8/2026
Menurut saya justru yang perlu dicari tau informasi ke anak sendiri, Mba. Ditanyakan dulu ke anaknya kronologisnya seperti apa, baru kita tanya ke guru (karena harusnya di sekolah anak menjadi tanggung jawab guru), jadi kita juga bisa konfirmasi kejadiannya seperti apa. Baru setelah itu jika memang terkonfirmasi, bisa disampaikan ke orang tua murid ybs atau dimediasi dengan sekolah jika memang dibutuhkan.
Rizka ayu prasetya
21/8/2026
Kalo menurutku, pertama si anaknya duluan lalu ke gurunya, karena guru yang bertanggung jawab sama anak kita di sekolah, kalo memang itu benar terjadi, biar guru dulu yang ambil tindakan, kalo sudah lebih dari 1x kita bisa tegur secara personal kalo memang sudah mulai agak membahayakan momss
TwoLittleKoalas
21/8/2026
Saya cari tahu dulu ke walas, meminta masukan dan minta beliau menjadi mediator.
Dinda
21/8/2026
Menurutku, tergantung jenis konfliknya apakah online atau offline. Kalau online via wa group etc baiknya ke ortu anak, tapi apabila terjadi di sekolah bisa ditanyakan ke guru.
Disa Maharani
21/8/2026
Ada baiknya untuk mengajak bicara anak terlebih dahulu, karena penting untuk memvalidasi perasaan si anak. Lalu issue/concern dari parents bisa diraise ke guru supaya bisa dilakukan tindakan lebih lanjut.