Untuk yang anak nya di SMA lebih baik mana fokus persiapan UTBK atau bangun portofolio apply beasiswa kuliah LN?
Balasan · 3
Nanda
25/8/2026
tergantung tujuan dan minat anak moms. Saya pilih bangun portofolio sejak kelas 9, dan konsisten terus sampai sma.
Fithri Widanarty
25/8/2026
tergantung tujuan dan family planning seperti apa. yg sebaiknya dimulai obrolannya sejak anak masuk SMP, untuk diskusi pathway to higher education.
Hanifa AmbadarFounding Parent
27/8/2026
Menurutku mungkin keduanya bisa berjalan bersamaan? Jadi sehari-hari fokus belajar untuk UTBK nah ketika libur sekolah bisa fokus di portfolio yang mau dibangun. Beberapa project2 bisa dikerjakan ketika libur sekolah, misalnya ikutan bootcamp atau hackaton, atau project2 kaya misalnya yang berhubungan dengan lingkungan & sosial (membersihkan pantai, ikut membantu membangun sekolah, mengumpulkan dana untuk donasi ke panti sosial, etc). Selain buat bangun portfolio kegiatan ini pasti bagus juga sih buat penguatan karakter yaa.