← Minat, Bakat & Aktivitas

pilih mana : ekskul yg berkaitan dengan akademis atau non-akademis?

Fithri Widanarty· 25/8/2026
pengen tau pendapat parents disini, jika diminta memilih, akan lebih mengutamakan ekskul akademis seperti les math dan pelajaran lainnya, atau yg non akademis seperti olaharaga, seni dll?

Balasan · 2

Yolanda Safira
28/8/2026

Hi mom, aku lebih pilih yang non-akademis sih. Menurutku ekskul itu justru bisa jadi “pelarian” dari kegiatan akademis anak sehari-hari. Jadi anak punya kesempatan untuk explore hal lain, seperti olahraga, seni, musik, atau kegiatan yang memang mereka suka.

Reisha Karina
31/8/2026

Hi moms, kalau aku coba explore minat anaknya dulu. Waktu anakku masih 5 tahun dia ambil coding & robotic sm taekwondo. Setelah masuk SD dia ambil piano, renang, futsal. Tapi sekarang di kelas 3 dia ambil piano, futsal sm english club. Piano ok bgt buat ngelatih grit. Dan masih akan explore terus sepertinya selama dianya enjoy. Mungkin nanti kalo lebih besar lg baru masuk ke les yg akademik.