← Pre-school

Early Childhood Education

egazzhr· 20/8/2026
Parents, untuk anak 2 tahun ataupun kurang, better ambil kegiatan apa ya? Sensory, gymnastic atau berenang ya? Ceritain pengalamannya dong…. Tengkyuuu

Balasan · 6

Dita Hersiyanti
20/8/2026
Halo mba, izin menjawab karena kebetulan punya anak umur 2 tahun juga, perbanyak main di alam terbuka untuk mematangkan sensory nya, seperti main di pasir, jalan nyeker, memetik daun, dsb.
Rizka ayu prasetya
20/8/2026
Haloo kaaa Kalo pengalaman pribadiku, aku memulai renang di usia anakku 6bulan. Buatku renang olahrga sangat penting, dia kena ke semua elemen tubuh, menghindari anak dari terjangkit penyakit area pernafasan juga Sekarang anakku juga punya core body yang cukup kuat, tidak takut juga sama air, ditambah babanya punya asma, jadi aku concern banget sama olahraga dari kecil Sebelum 2 tahun kematangan sensory juga sangat penting moms, kalo sensory anak matang, kita ortu ga kerepotan ke depannya Jadi kalo bisa 2 hal ini duluan aja mommss
Friska Ruslim
20/8/2026
Untuk anak-anak di bawah 2 tahun, perbanyak sensory karena akan ngaruh banget utk fokus belajar di kemudian hari. Kalau aku suka mengikuti kelas-kelas yang diadakan rutin, minimal seminggu sekali. Terkadang aku juga suka ikut kelas music for babies. Anak pertamaku mulai basket dari umur 2 - 3.5 tahun, itu untuk melatih hand eye coordination. Jadi ketika dia start tennis di umur 4 tahun, hand eye coordination sudah bagus dan kakinya sudah terlatih. Untuk renang, anakku start di umur 3.5 tahun. It tooks 2-3 months sampai dia mahir dan lepas pelampung. Aku les renang cuma untuk survival skill jadi les-nya cuma sekitar 1 tahun. Anak keduaku yang berumur 2 tahun baru memulai kelas gymnastic untuk melatih core-nya. Kadang-kadang diajak berenang untuk mengenalkan dengan air. Dia juga sudah mulai sekolah dengan kurikulum montessori.
yunicaip
20/8/2026
Hi Kak izin sharing. Kalau di pengalaman anakku aku masukkan ke sensory class rutin seminggu sekali mulai dia umur 2 tahun. Menurutku sensory class sekarang cakupan sudah luas di tiap sesi kelas. Ada pengenalan literasi dengan baca buku, motorik kasar, dan motorik halus. Poin plusnya menurutku jadi mulai melatih social skill juga dengan bertemu orang baru. Negatifnya (dan kenapa aku memilih aku seminggu sekali) karena masih rentan tertular penyakit :(
Nindya Wardhani
21/8/2026
Mba, kalau di anak 2 tahun, aku prefer ambil renang dulu (karena itu basic life skill) sama matangin sensory dulu. Gymnastic bisa dikejar di umur 3.5 tahun, karena secara gerak juga akan lebih matang. Di umur 2 tahun bisa diajak gerak mandiri aja dulu di rumah - dengan rutin jalan sore misalnya.
Dinda
28/8/2026

Menurut pengalamanku kalau di kota ada pre-school montessori/ kurikulum modern lainnya bisa dimasukan aja sedini mungkin, karena biasanya sudah all in one mengasah sensory, bermain musik, melatih komunikasi 2 arah dll. Untuk renang mungkin tergantung anaknya karena di anakku baru works ketika sudah bukan balita.

Kalau gymnastic yang di dalam mall menurut aku kurang safe untuk kesehatan.