← Minat, Bakat & Aktivitas

Pertimbangan ekskul anak

Kartika Widya Rani· 24/8/2026
Apa pertimbangan parents ketika mengiyakan/memotivasi anak untuk memilih suatu/beberapa ekskul/kegiatan/organisasi di sekolah?

Balasan · 5

Rere
24/8/2026
Ini juga jadi hal yang saya pikirin. Apakah pilih ekskul yang dia suka atau yang mungkin akan berguna di masa depan? Ekskul keahlian atau ekskul hiburan?
Rara
24/8/2026
Saat anak-anak pilih ekskul biasanya saya tanya: 1. kenapa pilih ekskul tersebut? apa karna ikutan temen/karena emang minat diri sendiri 2. apa bisa commit selama waktu tersebut? karena ekskul biasanya minimal 1 semester dan waktu nya diluar sekolah jadi perlu energi lebih. 3. kira-kira apa output dari ikut ekskul tersebut? apa untuk tambahan nilai/ikut lomba utk nambah prestasi 4. apa saja sisi positif yg bisa didapat kalo kamu ikut ekskul tersebut dari segi internal diri sendiri maupun sebagai penunjang pendidikan sekolah?
Ruang Triliuner
24/8/2026
campur aduk berdasarkan minat, bakat, dan soft skills dari suatu eksul
Kartika Widya Rani
25/8/2026
Ah mantep banget Kak 🫶🏼🫶🏼
Kartika Widya Rani
25/8/2026
Mengutip balasan· oleh Rara· 24 Agu 2026
Saat anak-anak pilih ekskul biasanya saya tanya: 1. kenapa pilih ekskul tersebut? apa karna ikutan temen/karena emang minat diri sendiri 2. apa bisa commit selama waktu tersebut? karena ekskul biasanya minimal 1 semeste…
Makasih Kak insight-nya 🫶🏼🫶🏼