← SD/Elementary School
Open House
J Jasmine· 12/8/2026
Buibu pakbapak, udah masuk ke bulan bulan open house SD nih.
Sebenarnya love-hate relationship sama open house SD. Di satu sisi gemes ingin lihat suasana sebenarnya dari kehidupan sehari-hari di sekolahan tersebut, di sisi lain biasanya enggak boleh ada kunjungan di hari-hari biasa.
Ada ide gak pertanyaan atau hal-hal yang harus diobservasi saat open house yang mungkin bisa menggambarkan kondisi sebenar-benarnya dari si sekolah?
Balasan · 9
Hanifa AmbadarFounding Parent
15/8/2026
Mungkin bisa tanya:
- apa keluhan yg paling sering disampaikan orang tua?
- apa yg dilakukan anak2 saat jam istirahat?
Observasi juga keadaan sekolah, kelas2nya (cara mereka menyusun meja dan kursi, rapi seperti dulu kita di sekolah negeri atau berantakan dan lebih berkelompok), apa yg dipajang di tembok, apakah ada karya2 keseharian muridnya?, apakah mereka bebas berekspresi?, kondisi toilet, dll.
Satu hal yg menurutku menarik dipelajari juga cara mereka mengorganize pentas akhir tahun. Apakah murid dilibatkan? Apakah ada tema2 tertentu? Sambutannya sebanyak apa? Dll
Soraya Eva
20/8/2026
Dulu saat ikut Open House, saya tanya;
- turnover guru di sekolah tersebut
- cara sekolah menangani atau mendeteksi bullying
- komunikasi ke parent via media apa
Sisanya yang standar aja seperti liat-liat fasilitas (kelengkapan, kebersihan, etc) dan observasi interaksi OB & Satpam ke guru maupun orang tua murid.
Peni Prabawati
20/8/2026
Dulu saya nanya tentang handle murid bermasalah sekolahnya seperti apa, tentang bullying bagaimana mereka menghadapinya, adakah cctv? bagaimana kalau mau mengakses cctv jika ada yang harus ditelusuri?
Nindya Wardhani
20/8/2026
Kalau saya di Open House lebih ke ngeliat interaksi guru-guru dan staf sekolah & juga untuk tau lebih lanjut tentang fasilitas, Mba.
Untuk saya pribadi, interaksi guru-guru dan staff sekolah yang genuine & hangat itu penting. Ada beberapa sekolah yang saya survey, staff bahkan satpam semangat banget cerita tentang sekolahnya, ternyata mereka memang memperlakukan semua karyawannya dengan baik sehingga semuanya pun cinta dengan sekolah tersebut. Menurut saya, kalau mereka memperlakukan karyawannya dengan baik, treatment ke anak-anaknya pun akan baik. :)
Sally
20/8/2026
Pertamakali ke sekolah anak, yang dilihat tentu bangunannya dulu, gedungnya seperti apa, bersih atau tidak, toiletnya bagaimana lalu baru ke kelas. Setelah itu saya tanya gurunya lulusan mana saja. Untuk para siswanya gak bisa lihat seperti apa karena gak school tour di school day.
Dita Hersiyanti
20/8/2026
Setuju mba 👍🏻 yang penting juga melihat interaksi antara murid dan guru, sopan santunnya bagaimana (otomatis salim/tidak, nada berbicara dengan guru, dsb)
Dita Hersiyanti
20/8/2026
Setuju mba 👍🏻 yang penting juga melihat interaksi antara murid dan guru, sopan santunnya bagaimana (otomatis salim/tidak, nada berbicara dengan guru, dsb)
Rizka ayu prasetya
20/8/2026
Pengalaman ku waktu kunjungan sekolah di Pembangunan Jaya, Bintaro tempat anakku, malah disuruh datang ketika hari biasa/jam sekolah, supaya bisa melihat situasi ketika proses belajar mengajar berlangsung. Ini penting banget buat POV orang tua mau daftarin anak ke skolah tersebut. Sebelum di TK sekarang anakku KB di tempat berbeda, ada ortu murid yang nyeletuk “aduh kalo masih pake gedung lama aku gak mau daftar, sirkulasi udara kalo buruk anak akan gampang sakit” dari situ aku concern banget sama gedung dan fasilitas sekolah anakku momms
Friska Ruslim
20/8/2026
Hal yang biasanya aku lakukan ketika Open House
- Cek toiletnya, apakah bersih atau tidak, apakah cukup terang. lokasinya di mana? apakah ada possibilities terjadi bully dekat sana.
- Ngobrol dengan gurunya, sudah berapa lama bekerja di sana. Bagaimana dengan guru lainnya?
- Biasanya open house diadakan ketika waktu sekolah. Approach anaknya (in a very nice way) dan tanyakan apakah happy sekolah di sana, favorit subject, favorit ekskul. Just a simple questions aja.
- Ketika jam istirahat, lihat anak2nya. Apakah happy bermain di sekolah?
- Kalau berkunjung ke sekolah yang ada jenjang SD - SMA, coba lihat cara anak upper level-nya berpakaian .

